YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Friday, August 31, 2012

MATERI KELAS 9 : BAB 3. AKSES INTERNET

Kita membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal, agar terkoneksi dengan internet. Infrastuktur ini tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Namun, dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang mempunyai modal besar untuk membangunya. Perusahaantersebut menjual jasa layanan internet yang sering disebut ISP. apa ISP itu? Mari kita simak uraian materi berikut.

A. Internet Service Provider  (ISP)
Jika ingin menghubungkan komputer kita ke internet, kita membutuhkan layanan koneksi internet dari sebuah penyelenggara jasa layanan internet. Penyelenggara jasa internet (PJI) dalam bahasa inggris adalah Internet Service Provider , yaitu perusahaan ata badan yg menyeleggarakan jasa sambungan internet. penyelenggara jasa seperti hubungan ke internet umumnya adalah perusahaan telfon yang meyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting .

1.kecepatan transfer data
Seperti yg kita ketahui, menggunakan internet berarti menukarkan data-data dua komputer. dalam perpindahan data dari satu komputer dengan komputer yg lain, sangat memerlukan adanya kecepatn transfer data dari Provider  yg kita gunakan.
Kecepatan transfer data dalam dunia komputer dan telekomunikasi adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu medium dalam satu detik. umunya dituliskan dalam bit per detik (bit per second) dpt disimbolkan bit/s atau bps bukan bits/s. seringkali disalahartikan dgn bytes per second/ B/S atau BPS.

2. Bandwidth
Bandwith adalah lebar saluran data yg dilewati secara bersama-sama oleh data-data yg ditransfer. semakin bayak data yg lewat, semakin lambat data-data tersebut ditransfer. semakin besar Bandwith yg dimiliki ISP maka semakin cepat aksesnya.
Dengan kata lain, bandwith menunjukkan seberapa bayak data yg dpt dilewtkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan (network)

3. Mempunyai Proxy Server
proxy server merupakan server yg digunakan untuk menyimpan data web yg pernah diakses oleh pengguna.Proxy server dapat mempercepat akses ke situs web . contohnya, setiap pengguna selalu mengakses situs, misalnya twitter, dengan adanya proxy server, pengguna tidak perlu harus selalu mengakses secara lgnsg ke server twitter di amerika tetapi cukup mengambilnya dari proxy server lokal.

4. Mempunyai Backbone backbone adalah saluran utama antara penghubung antara network pada suatu daerah / area yg jaraknya saling berjauhan.

5. Keamanan data
sebelum kita memakai ISP sebaiknya kita mengetahui ISP tersebut menggunakan firewall atau tidak untuk menjamin keamanan transaksi online.

B. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET 


  1. modem
  2. wifi (antena wireless)
  3. LAN  (LAN card)
  4. GPRS (kabel data,sinar infrared, bluetooth)
  5. TV Kabel (kabel modem, internet card ) 

 

No comments:

Post a Comment