YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Saturday, August 25, 2012

MATERI KELAS 7 : BAB 3.OPERASI DASAR KOMPUTER

3.OPERASI DASAR KOMPUTER 

> MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER SESUAI DENGAN PROSEDUR

1. Menghidupkan komputer


  • Pastikan bahwa semua kabel sudah terhubung dengan benar pada perangkat komputer dan sumber tenaga listrik.
  • Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada kotak CPPU 
  • Kemudian hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor (biasanya terletak di sebelah pojok kanan bawah)
  • Tunggu sampai pada layar monitor muncul tampilan dekstop windows 
  • Komputer siap digunakan.
2. mematikan komputer 


  • Pastikan bahwa semua software / program aplikasi yang selesai digunakan sudah dalam keadaan yan tertutup.
  • klik start 
  • klik Turn Off Computer
  • kemudian muncul pilihan Stand by, turn off , restart , arahkan ke pilihan turn off 
  • Tekan tombol off pada CPU dan MONITOR.

> PERAWATAN PERANGKAT PENYIMPANAN HARDDISK .


1. cara perawatan harddisk. 

Perintah,data, danprogram yang tersimpan di dalam harddisk setelah digunakan dalam jangka waktu lama akan menumpuk dalam jumlah besar. seringkali susunannya kelihatan teratur rapi . namun, sebenarnya terdapat terdapat campur aduk antara perintah, data, program (sistem  kerja) dan data yang bersifat sampah karena jarang atau sudah tidak terpakai .

Kondisi harddisk yang bersih dari sampah dengan data, perintah , dan program yang tersusun rapi dan telah dikelompokkan sesuai jenisnya akan memperlancar dan mengoptimalkan kinerja komputer secara keseluruhan .
perawatan harddisk dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : 

  • menghindarkan dari debu dan panas yang berlebihan dengan cara meletakkan perangkat komputer pada tempat yang bersih dan berventilasi cukup.
  • menggunakan perangkat lunak yang diaktifkan melalui perintah-perintah yang dimasukkan ke sistem operasional komputer. perangkat lunak yang dimaksudkan misalnya disk defragmenter dan disk doctor.
  • menghindarkan dari perubahan voltase/tegangan listrik yang mendadak dengan memanfaatkan perangkat power stabilizer (pengaman tegangan).


2. cara perawatan disket

  • meletakkan atau menyimpan disket dalam wadah yang sesuai (diskette box) yaitu wadah yang bersih,kering,tertutup,kedap air, dan tidak mengandung magnet. 
  • setelah floopy disk disimpan ke dlam wadah tersebut, tambahkan dua bungkus kecil silica gel, yaitu bahan kimia silica yang berfungsi mengikat uap air ata kelembaban untuk mencegah timbulnya jamur.

3. cara perawaan CD-ROM dan DVD-ROM 

  • Debu/noda pada CD-ROM dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan alkohol 70% dan lap terbuat dari kain flannel yang kering dan bersih.

> OPERASI DASAR KOMPUTER 


1.Memulai windows 

memulai windows sama mudahnya denganmenyalakan komputer . pertama, nyalakan komputer dengan menekan tombol power pada CPU dan monitor . tunggu sampai belum muncul menu start dan pointer sudah berbentuk panah yang stabil. jika belum, berarti komputer masih melakukan proses dan belum dapat diberi perintah apapun . gambar di samping menunjukkan tampilan dekstop . dekstop tersebut memuat antara lain background , folder,ikon, start menu , taksbar, systray, dan shortcut .

a. folder 

folder adalah gambar-gambar kecill yang merupakan map penyimpan berkas file. misalnya, my documents, online service , dan lain-lain.
berikut ini cara membuat folder .
  1. klik kanan pada dekstop di tempat yang kosong.
  2. pilih new 
  3. klik folder
  4. pada dekstop akan dibuatkan sebuah folder baru dengan nama new folder.
  5. ketiklah langsung nama folder. kemudian klik di luar folder tersebut .
b. ikon 

pada tampilan dekstop akan terlihat gambar-gambar kecil atau symbol yang disebut ikon yang masing-masing mewakili satu macam sofware aplikasi atau program.

ikon berfungsi sebagai shortcut, yaitu jalan pintas secara cepat (dengan menekan tombol mouse secara cepat sebanyak 2x / double click ) untuk membuka program atrau aplikasi tanpa harus membuka atau memilih melalui melalui menu (tombol) start .

c. background 

latar belakang dekstop disebut juga background. fungsi background semata-mata agar tampilan desktop tidak membosankan dan lebih menarik . 

d. star menu 

dengan mengarahkan pointer dan menekan tombol start menu, akan muncul beberapa pilihan menu program yang masing-masing diwakili dengan ikon-ikon serta keterangan nama program yang dimaksud. apanila mouse (pointer) digerakkan mengikuti masing-masing tampilan menu , maka akan mucul tampilan submenu program.

e. taksbar 

pada bagian bawah tampilan deksatop akan terlihat tampilan berupa lajur panjang yang disebuttaksbar. taksbar memuat beberapa menu tampilan . namun yang terutama adalah start menu dan system tray.

f. systray 

systray adalah aris yang biasanya berisi jam dan tanggal.

g. shortcut

shorcut adalah ikon yang berfungsi untuk cara cepat membuka sebuah program. 


No comments:

Post a Comment